MINI Cooper Coupe 2012 Mobil MINI Modern Pertama Yang Menganut Struktur Body 3-box
Bila sebelumnya MINI lebih terkenal
dengan varian-varian unik dan lucunya, namun kali ini rupanya MINI
tengah menambah line-upnya dengan mengeluarkan varian Cooper Coupe 2012
yang didaulat menjadi generasi ke limanya setelah MINI Hatch,
Convertible, Clubman dan Countyman. Tak hanya itu saja, MINI Coupe ini
pun menjadi mobil MINI modern pertama yang menganut struktur body 3-box —
kompartemen mesin, kabin dan bagasi. Coba simak sedikit bedahan si MINI
Coupe ini.
Bila dilihat dari bentuk depanya,
tampang khas MINI sama sekali tidak hilang. Headlamp bulat dengan list
chrome serta foglamp masih tetap menjadi ciri khasnya. Grill beserta
bumper yang berpadu dengan kisi-kisi di engine hood dan hiasan dua garis
silver melintang disekujur bodi sengaja disematkan guna mengentalkan
nuansa sporty dari si imut MINI yang dipampang oleh Showroom ADS Auto
Gallery di bilangan Kebon Jeruk-Jakarta Barat.
Masuk ke bagian samping, desain coupe
cukup terlihat jelas dari lekukan bodi yang melandai di bagian belakang.
Walau nama MINI cukup terkenal dengan dimensinya yang minim namun aura
coupe dan sporty yang disandangnya termasuk sukses diterapkannya. Desain
pilar-A dan kaca depan yang memiliki tingkat kemiringan hingga 13˚
menghasilkan area depan lebih kecil yang memberikan kesan aerodinamis.
Sintal nan padat, mungkin kalimat itu
cukup mewakili gambaran bokong MINI Cooper Coupe berwarna merah ini.
Paduan desain coupe yang melandai dibagian kaca belakang lalu diteruskan
hingga mengkotak di bagian bagasi dan bumpernya telah menjadikan
keunikan tersendiri varian MINI Coupe 2012 ini. Kesan sporty juga makin
ditambahkan dengan penempatan double exhaust yang bersarang di bawah
bumber belakangnya, juga tak ketinggalan rear tail wings mini yang dapat
diangkat dan diratakan dengan bodi secara otomatis.
Cukup dengan tampang luarnya, giliran
menikmati suasana kabin dalamnya. Begitu masuk, Anda akan disuguhi
dengan nuansa sport bercampur elegan dari balutan warna hitam berhias
list chrome dari panel-panel indikatornya. Bukan MINI namanya bila tak
memboyong desain membulat pada setiap bagian yang memang sepertinya
telah mendarah daging dan menjadi ciri khususnya. Mulai dari spidometer,
fentilasi AC, dan beberapa panel lainya yang rata-rata dilist dengan
kilauan khrome.
Tak sampai disitu saja, guna memadukan
desain interior, maka lapisan kulit hitam dengan garis-garis putih juga
turut dibenamkan pada joknya. Jangan harap ada kursi dibaris kedua,
karena konsep murni sport car 2 seater benar-benar di terapkan oleh
MINI, oleh karena itu akan hanya ada ruang bagasi dan boks untuk
instalasi audionya saja bila anda menenggok ke bagian belakang.
Comfort
Bila dilihat dari statusnya sebagai mobil premium, pastinya unsur kenyamanan tak lagi harus dipertanyakan. Saat anda memasuki kabin dan duduk di depan kemudi MINI Cooper Coupe anda akan merasakan sesuatu perbedaan dengan mobil sport lainya. Mulai dari posisi jok yang cukup nyaman dan terlapis lapisan kulit berkualitas, kabin padat yang juga kedap akan suara dari luar layaknya mobil-mobil premium lainya pasti turut disandang si MINI walaupun pada dasarnya kami tak sempat untuk menjajalnya.
Bila dilihat dari statusnya sebagai mobil premium, pastinya unsur kenyamanan tak lagi harus dipertanyakan. Saat anda memasuki kabin dan duduk di depan kemudi MINI Cooper Coupe anda akan merasakan sesuatu perbedaan dengan mobil sport lainya. Mulai dari posisi jok yang cukup nyaman dan terlapis lapisan kulit berkualitas, kabin padat yang juga kedap akan suara dari luar layaknya mobil-mobil premium lainya pasti turut disandang si MINI walaupun pada dasarnya kami tak sempat untuk menjajalnya.
Beberapa panel indikator yang bertebaran
seakan mengambarkan sisi ergonomis yang memiliki sifat untuk memudahkan
si pengendaranya, hampir diseluruh bagian dashboard dan juga stier
sport yang terbungkus dengan lapisan kulit hitam. Begitu juga dengan
piranti hiburan berupa instalai audio MINI Boost CD yang telah
menggunakan speaker jebolan Harman Kardon, dijamin akan memanjakan
telinga para penggunanya.
Kenyamanan berkendara juga tak kalah
penting ditonjolkan oleh MINI, oleh karena itu desain leg room pun turut
dikuatkan dengan memberikan ruang yang jauh lebih lapang sehingga
pengendara dan penumpang disamping tak harus merasakan pegal karena
harus melipat kakinya. Begitu pula dengan kelapangan bagasi belakangnya.
Performance
Mengusung nama Sportcar dengan dibekali
mesin 4 silnder berkapasitas 1.600 cc ditambah dengan dua buah varian
turbocharged jelas membuat mobil mungil ini cukup memiliki taring untuk
unjuk gigi di jalanan. Jadi jangan anggap enteng si MINI buas yang satu
ini, pihak pabrikan mengklaim bahwa MINI Coupe yang terintegrasi dengan
transmisi otomatis ini memiliki output power hingga 122 HP dengan torsi
maksimal sebesar 160 Nm, hmmm … cukup galak bukan. Begitu juga mengenai
performa handlingnya, dengan dimesi yang minim dan daya aerodinamis yang
tinggi dilihat dari tingkat ground clearance, maka dapat disimpulkan
bahwa MINI Coupe cukup memiliki handling yang baik.
Fitur
Selaku jajaran mobil premium, tentunya masalah fitur aksesoris tak perlu di ragukan lagi, lebih-lebih mobil mungil ini cukup modis dalam mengikuti gaya hidup perkembangan modernisasi, pastinya banyak sekali aparel aksesorisnya bukan. Beberapa fitur modern yang telah menjadi fitur standar bawaan MINI Coupe ini salah satunya adalah fitur safety alias keselamatan layaknya Airbags di sisi pengemudi dan penumpang depan, Antilock Braking System (ABS), Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Braking Force Distribution Control (EBD), Cornering Brake Control (CBC), Electronic vehicle immobiliser (EWS IV) dan beberapa lainnya.
Selaku jajaran mobil premium, tentunya masalah fitur aksesoris tak perlu di ragukan lagi, lebih-lebih mobil mungil ini cukup modis dalam mengikuti gaya hidup perkembangan modernisasi, pastinya banyak sekali aparel aksesorisnya bukan. Beberapa fitur modern yang telah menjadi fitur standar bawaan MINI Coupe ini salah satunya adalah fitur safety alias keselamatan layaknya Airbags di sisi pengemudi dan penumpang depan, Antilock Braking System (ABS), Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Braking Force Distribution Control (EBD), Cornering Brake Control (CBC), Electronic vehicle immobiliser (EWS IV) dan beberapa lainnya.
Fitur Three-Spoke Sports
leather-steering wheel lengkap dengan audio control dan juga fitur
tambahan lainnya layaknya DAB Radio MINI CD, MP3/WAV-compatible CD
player, Condition Based Service (CBS) maintenance system, Speedometer
with miles per hour reading, juga Brake-pad wear indicator. So,
kesimpulannya tak hanya mengandalkan performa mesin dan nuansa sportynya
saja, namun unsur stylish pun turut mendukung tampilan MINI Cooper
Coupe ini bukan??
Tidak ada komentar:
Posting Komentar